Categories
Tahun 2016 s/d 2020

Mahasiswa UI Juara “Deloitte Tax Challenge Competition “dan “Global Goals Summit 2020”

Prestasi membanggakan sudah banyak ditorehkan mahasiswa Universitas Indonesia (UI). Baik itu di kancah nasional maupun internasional. Yang terbaru, para mahasiswa UI berhasil meraih prestasi di tingkat nasional dan global melalui Kompetisi “Deloitte Tax Challenge Competition “dan “Global Goals Summit 2020” di awal 2020 ini.

“Sepuluh mahasiswa UI terpilih untuk mengikuti “Global Goals Summit 2020” yang digelar oleh Studec International bekerja sama dengan SDG’s Youth Action United Nation. Acara tahunan tersebut diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia dan diikuti oleh 160 peserta dari 31 negara, diantaranya China, India, Pakistan, Equador,“ ujar Rosari Saleh, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/1/2020).

Menurut Rosari, prestasi UI di ajang “Global Goals Summit” tahun ini mengalami peningkatan dari tahun 2019 lalu, dimana saat itu, UI meloloskan 6 (enam) mahasiswa dengan menyabet dua penghargaan. Tahun 2020 ini, UI meloloskan 10 (sepuluh) mahasiswa, dimana 3 (tiga) mahasiswa memperoleh penghargaan yaitu Amelia Maharani Kartika (FIK 2015), Yulia Ika Winria (FIK 2016), dan Dimas Rafid Tepal (FISIP 2017)

“Pada kegiatan tersebut Amelia Maharani Kartika mendapatkan predikat “Best Idea” dengan topik tentang pengurangan angka kematian ibu dan janin. Senada dengan Amelia, Yulia Ika Winria mendapatkan predikat “Best Idea” dengan topik tentang penggunaan Pop Culture sebagai bagian untuk mempromosikan kesehatan. Sedangkan Dimas Rafid mendapat penghargaan sebagai “Best Essay” dengan judul tulisan “Strategi Pemberdayaan Kelompok Refugees di Asia Tenggara,” tambah Rosari yang juga seorang Guru Besar Fakultas MIPA.

Adapun Global Goals Summit adalah Kegiatan tahunan yang menjadi ruang bagi para pemuda dari berbagai negara mengembangkan ide mengenai Sustainable Development Goal’s (SDG’s), dengan harapan dapat menyusun langkah-langkah sebagai agen perubahan global. Keikutsertaan mereka pada kompetisi tersebut dimulai dari pengiriman personal statement terhadap pemahaman dan perhatian para mahasiswa terhadap isu SDG’s.

“Tidak hanya itu, mahasiswa FIA UI memenangkan Juara 1 Deloitte Tax Challenge Competition, yang diwakili oleh Atika Astri, Dini Dubelmar, Fajri Nur Amin Basyeban, Irsyad Hadi Prasetyo, dimana mereka akan mewakili Indonesia untuk mengikuti ajang yang sama di tingkat ASEAN,” pungkasnya. (dai)

Indopos .co .id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *