Siswa Indonesia Raih 5 Medali Emas Olimpiade Sains Junior Internasional

Indonesia meraih 5 medali emas olimpiade sains junior internasional (IJSO) ke-13 2016. Raihan tersebut melampaui capaian tahun lalu, yakni 2 emas saat Korea Selatan menjadi tuan rumah. Lima medali tersebut disumbangkan Nixon Widjaja, Epafroditus Kristiadi, Aditya David, Winston Cahya dan Albert Sutiono.

Torehan emas Indonesia sama dengan Taiwan yang didapuk menjadi negara terbaik. “Paling susah pas bagian tes teori. Soal-soalnya juga saya kira lebih susah, beda kurikulum di sekolah. Ini yang membuat jadi sulit,” ujar Nixon usai menerima medali di Hotel Hyatt, Nusa Dua, Denpasar, Bali, Sabtu 10 Desember 2016.

Nixon menyatakan, tes teori menjadi bagian tersulit ketimbang soal pilihan ganda dan praktik. Menurut dia, sekitar 50 persen soal hampir sama dengan materi-materi yang diberikan pendamping dalam pembinaan dan tes seleksi nasional selama 4 bulan. “Senang juga bisa dapat emas. Taiwan memang masih lebih baik,” ujar siswa kelas VIII ini.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hammid Muhammad mengaku turut bangga karena taget 3 emas tahun ini terlampaui. “Tapi yang paling penting, IJSO ini agar generasi muda semakin menyukai sains. Sains bukan hal yang menakutkan, tapi menyenangkan,” katanya.

Indonesia unggul dari negara-negara peraih emas lainnya, yakni Rusia (2 emas), Brazil (4), India (4), Rumania (1), Hong Kong (1), Vietnam (2), Hungaria (1), Thailand (1). “Tahun depan akan digelar di Belanda dan mudah-mudahan bisa meraih lebih banyak emas. Sejauh ini capaian terbaik Indonesia pada 2006 dengan meraih 8 emas,” kata Hammid.

IJSO 2016 diikuti 48 negara dari 64 negara anggota dari semua benua. Pada tahun lalu, negara yang turut serta sebanyak 32 negara. IJSO merupakan olimpiade sainsĀ  yang diiniasiasi Indonesia pada 2004 dan menunjuk Jakarta menjadi tuan rumah. Saat ini, IJSO hanya kalah pamor dari International Mathematic Olympic (IMO).***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*