Emas untuk Indonesia di ajang Asian Games 2018 bertambah lagi. Kali ini, giliran Lindswell Kwok raih emas dari cabang wushu untuk nomor taijiquan & taijijian di Jakarta International Expo, Senin (20/8).

Lindswell mendapatkanya setelah berhasil mencatat total poin 19,5. Hasil itu diperoleh setelah ia membukukan nilai 9,75 pada kategori Taijijian yang digelar hari ini.

Sehari sebelumnya, Lindswell berhasil menorehkan catatan 9,75 poin di nomor Taijiquan. Catatan poin Lindswell tersebut merupakan yang tertinggi untuk kategori Taijiquan.

Catatan ini membuat Lindswell unggul atas rivalnya Juanita Mok Uen Ying asal Hong Kong (19,42 poin) dan Aghata Chrystenzen asal Filipina (19,36).

Hasil medali emas ini merupakan yang terbaik bagi Lindswell Kwok di ajang Asian Games. Sebab empat tahun lalu, ia hanya mendapatkan perak di nomor ini karena kalah dari Yu Mengmeng asal China.

Dengan begitu, cabang wushu sudah memberikan dua medali di Asian Games 2018. Sebelumnya kontingen Indonesia sudah meraih 1 perak pada hari pertama perhelatan Asian Games.

Medali perak tersebut diberikan oleh Edgar Xavier Marvelo lewat nomor changquan dan menjadi medali pertama Indonesia di Asian Games ini.

Lindswell yang berusia 26 tahun mengaku mempersembahkan gelar ini untuk seluruh masyarakat Indonesia. Apalagi gelar ini tak terpaut jauh dari Hari kemerdekaan yang jatuh pada Jumat (17/8) kemarin sehingga menjadi momen berharga.

“Emas ini saya persembahkan untuk semua masyarakat Indonesia,” kata Lindswell.

Dia mengatakan lawan terberat di nomor Taijiquan-Taijijian putri adalah atlet asal Jepang karena memiliki teknik yang baik dan beberapa kali bertemu di Kejuaraan Dunia wushu. Menurut dia, sebelum pertandingan, dirinya sengaja datang lebih awal untuk mempersiapkan diri agar cukup waktu untuk pemanasan.

“Tidak ada persiapan khusus untuk hari ini, hanya bangun lebih pagi dan pastikan jangan sampai pemanasan kurang. Lebih baik datang lebih awal,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *